Senin, 16 April 2012

Adobe Flash

apa sih adobe flash itu?


Adobe flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi berbasis vector dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. Awalnya software ini memang diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online). Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi atau aplikasi yang bukan berbasis internet (offline), Adobe flash ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis dan simulasi. Gue pengen ngasih sedikit informasi tentang adobe flash itu mulai dari tampilan awal adobe flash, sampe cara bikin animasi yang simple..
 
Adobe Flash CS 3 memiliki tampilan default seperti gambar di bawah, panel panel yang ada bisa di nonaktifkan atau di aktif kan yang lebih di kenal dengan Kustomisasi melalui menu Window.


Jendela kerja Adobe Flash CS3 terdiri atas :

Menu bar, Berisi kumpulan menu atau perintah-perintah yang digunakan dalam Adobe Flash CS3.
 
Stage, disebut juga layar yang digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animas dan dapat di isi dengan gambar, teks, memberi warna dan lain-lain dan Stage merupakan tempat utama dimana kita akan menyusun game atau aplikasi flash lainnya. lokasi berada di tengah-tengah layar dengan warna latar putih.

Tool Panel, merupakan alat bantu untuk berinteraksi, mengedit, memindahkan, dan mengubah isi dari stage. tool panel tersedia di sebelah kiri layar, atau bisa di panggil melalui menu Window > Tools atau menekan tombol Ctrl+F2.




















 
Berikut jenis jenis tool beserta tombol cepat untuk memanggil tools yang dibutuhkan yang bisa anda gunakan:
 
Selection Tool (V)
Digunakan untuk memilih dan memindahkan objek-objek yang ada di dalam stage.

SubSelection Tool (A)
Mirip dengan Selection Tool, tetapi kita bisa memilih komponen-komponen terkecil bila objek yang aktif merupakan objek shape.


Free Transform Tool(Q)
Digunakan untuk memanipulasi objek yang terpilih. Manipulasi yang bisa kita lakukan antara lain rotate, scaling, skew, dll.

Gradient Transform (F)
Digunakan untuk memanipulasi warna gradien yang ada pada objek.

Lasso Tool (L)
Digunakan untuk memilih bagian dari objek shape dengan bentuk yang kita inginkan. Tetapi Tidak seperti selection Tool ini yang hanya memungkinkan kita memilih objek Shape dengan cakupan wilayah persegi.

Pen Tool (P)
Digunakan untuk menggambar objek shape secara manual.

Text Tool (T)
Digunakan untuk menambahkan komponen teks pada satge, typenya antara lain Static text, dynamic text, input text.

Line Tool (N)
Digunakan untuk menggambar garis lurus, hasilnya berupa garis shape.

Rectangle Tool (R)
Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk persegi.

Oval Tool (O)
Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk oval.


Rectangle Primitive Tool (R)
Digunakan untuk membuat gambar berupa persegi, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape.

Oval Primitive Tool (O)
Digunakan untuk membuat gambar berupa Oval, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape.

Polystar Tool
Digunakan untuk membuat objek shape dengan banyak sisi.

Pencil Tool (Y)
Digunakan Untuk Menggambar garis secara bebas, hasilnya berupa garis shape.

Brush Tool (B)
Digunakan untuk mewarnai stage, seakan layaknya sebuah cat, bentuk yang dihasilkan merupakan objek shape.

Ink Bottle Tool (S)
Digunakan untuk mewarnai pada tepi/edge dari objek yang dipilih.

Paint Bucket Tool (K)
Digunakan untuk mewarnai pada suatu bidang/objek yang dipilih.

Eyedropper Tool (I)
Digunakan untuk mengeset warna yang dipilh sebagai warna aktif untuk Stroke atau Fill Color


Erase Tool (E)
Digunakan untuk mengahapus objek shape yang ada dalam stage.

Hand Tool (H)
Digunakan untuk bernavigasi secara bebas

Zoom Tool ()
Digunakan untuk memperbesar/memperkecil ukuran semua objek yang ada pada stage.


 
Timeline dan Layer, digunakan untuk mengatur jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer yang digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.merupakan konsep dasar manajemen aset dan animasi dalam flash. Lokasinya tepat diatas Stage secara Default. jika tidak tersedia bisa di aktifkan dengan menu Window > Timeline atau dengan menekan tombol Ctrl+Alt+T.


 Property Inspector, merupakan Panel dasar yang memiliki data-data attribut mengenai Object yang berada pada Stage, bahkan mengenai stage itu sendiri. Panel Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang diaktifkan. Misalnya Anda sedang mengaktifkan Line tool, maka yang muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.



Color, Merupakan panel untuk pengaturan warna dari aset-aset yang dibuat di dalam flash.
Panel, panel berperan penting dalam Adobe Flash CS3 Professional, diantaranya panel: Properties, Filters & Parameters, Actions,
Library, Color dan Align & Info & Transform 


 

Library, mempunyai fungsi sebagai perpustakaan simbol/media yang digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan gambar statis (graphic).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar